Generator set, atau yang lebih kita kenal dengan istilah genset adalah sebuah perangkat yang bisa menyediakan daya atau tenaga listrik yang sesuai untuk berbagai kebutuhan di tempat bisnis ataupun rumah tangga. Dalam memilih genset yang tepat, kita juga harus melakukan beberapa pertimbangan seperti kebutuhan daya yang diperlukan untuk menghidupkan beberapa perangkat elektronik yang harus tetap terjaga atau pertimbangan lainnya, seperti harga dan konsumsi bahan bakar juga pilihan bahan bakarnya.

Genset atau generator listrik merupakan sebuah peralatan listrik yang dibutuhkan terutama saat listrik padam. Saat ini cukup banyak pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN baik pemadaman dadakan ataupun yang terencana seperti pemadaman bergilir ataupun dalam rangka perbaikan fasilitas listrik lainnya. Hal ini tentunya cukup mengganggu bagi kehidupan sehari hari karena banyak sekali aktivitas kita yang sangat tergantung dengan peralatan yang hanya bisa beroperasi dengan daya listrik. Menggunakan genset bisa merupakan salah satu alternatif terbaik agar kegiatan sehari hari bisa berjalan normal meskipun listrik mati.

Kita yakin siapapun tanpa terkecuali di perkotaan akan membutuhakn genset jika masalah pemadaman terjadi. Namun kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang genset, menjadikan beberapa orang mengurungkan niat tersebut. Saat ini, banyak penyedia di Internet ataupun di pertokoan yang menawarkan genset dengan berbagai fariasi harga, namun jika kita tidak cermat memilih, maka kita bisa saja membeli genset yang memiliki kualitas rendah dan mengecewakan. Cepat rusak, suara yang bising, dan lain sebagainya malah bisa membuat kita mengalami kerugian. Maka dari itu, silahkan simak beberapa tips dari kami yang bisa membantu anda dalam menentukan pilihan genset yang anda perlukan sesuai dengan keperluan anda. Berikut beberapa tips cara memilih genset yang baik untuk keperluan rumah tangga:

1. Tentukan kebutuhan daya listrik rumah anda.

Tentukan perangkat elektronik apa saja yang akan anda gunakan pada saat listrik mati atau saat anda menggunakan genset beroperasi. Jika anda hanya ingin beberapa peralatan penting saja seperti misalnya; lampu kamar atau yang lainnya, televisi, kulkas, pompa, air conditioner (AC), komputer, dsb, maka anda bisa membeli genset dengan kapasitas watt yang lebih rendah dengan kapasitas utama listrik di rumah anda. Contohnya: Jika anda menggunakan listrik dengan daya 1300 watt, anda bisa membeli genset dengan daya 900 watt saja. Tapi jika anda ingin agar semua peralatan listrik di rumah anda bisa bekerja sepenuhnya seperti saat anda menggunakan daya listrik dari PLN, belilah genset dengan kapasitas lebih tinggi. Misalkan genset 2000 watt.

2. Pilihlah Jenis Genset Sesuai Kebutuhan Anda.

Pada dasarnya, ada dua jenis genset yang umumnya digunakan oleh pengguna rumah tangga. Yaitu, Standby dan Portable.

a. Standby

Genset standby, adalah genset yang dipasang secara permanen di rumah anda. Genset jenis ini biasanya bisa berfungsi secara otomatis pada saat listrik mati dan mati otomatis pada saat listrik kembali normal. Genset jenis ini, biasanya berbahan bakar gas, jika dirumah anda telah memiliki saluran gas tersendiri, mungkin genset jenis ini cocok untuk dipasang di rumah anda.

Kelebihan standby genset/genset permanen.

  • Mudah dioperasikan karena sudah menggunakan peralatan yang otomatis.
  • Lebih aman, karena ditempatkan di tempat khusus secara permanen.
  • Suara tidak berisik, sehingga lebih nyaman untuk anda dan lingkungan sekitar.

Kekurangan

  • Harganya mahal.
  • Tidak bisa dibawa kemana mana.

b. Portabel

Genset portabel cukup populer di indonesia karena harganya yang cukup murah dan mudah didapat. Kelebihan genset portable adalah bisa ditempatkan dimana saja dan bisa dibawa jika anda ingin melakukan aktifitas di luar rumah dan mebutuhkan listrik. Genset jenis ini biasanya menggunakan bahan bakar bensin ataupun solar, sedangkan kekurangan genset jenis ini biasanya suaranya yang agak berisik dan pengoperasiannya yang agak sulit karena masih menggunakan engkol. Ada juga jenis genset portabel yang memiliki suara yang tidak berisik / silent genset dan juga menggunakan starter elektrik tapi harganya cukup mahal. Jika anda ingin mebeli genset portabel, pilihlah genset yang menghasilkan suara rendah atau silent genset.

Leave a Reply