Genset berfungsi sebagai penyuplai tenaga listrik jika terjadi pemadaman. Dalam benda yang satu ini terdapat dua alat dalam satu set, yakni berupa engine dan generator atau alternator. Engine merupakan perangkat pemutar, sedangkan alternator adalah perangkat untuk membangkitkan listrik. Engine sendiri bisa berupa perangkat mesin diesel dengan bahan bakar bensin atau solar. Alternator merupakan kumparan atau gulungan kawatan tembaga yang terdiri atas stator atau kumparan statis serta rotor atau kumparan berputar.

Generator listrik ini digunakan sebagai alternatif atau solusi agar listrik tetap menyala saat terjadi pemadaman listrik secara mendadak. Secara umum genset mempunyai beberapa jenis yang kapasitas dan cara penggunaan nya berbeda-beda. Beberapa jenis genset tersebut antara lain:

Genset Diesel

Mesin diesel ini sering disebut juga genset yang berfungsi sebagai mesin pembangkit listrik. Mesin diesel ini banyak digunakan oleh banyak orang. Mesin ini mempunyai kapasitas atau daya yang cukup besar dan juga luas. Untuk kapasitas output sangat bervariasi mulai dari 5 Kw atau 5000 Watt sampai dengan 2 MV atau 2.000.000 Watt. Karena kapasitas output nya cukup besar, maka mesin diesel ini mempunyai silinder yang berkisar 2 sampai 16.

Genset Portabel

Genset ini merupakan genset yang khusus digunakan pada outdoor. Biasa nya generator portabel ini banyak digunakan sebagai konser musik bahkan hingga perkemahan , di mana membutuhkan energi listrik yang besar sebagai penerangan.

Genset Urine

Genset jenis ini merupakan hasil penemuan dari 4 orang pelajar asal Afrika. Para pelajar ini melakukan uji coba dan penelitian dengan menggunakan 1 liter air urine. Dan percobaan tersebut berhasil menyalakan sebuah genset untuk pengadaan listrik selama 6 jam. Genset jenis ini adalah sebuah genset yang amat sangat langka di Indonesia atau mungkin di dunia, karena bahan bakarnya yang dianggap sedikit berbeda 🙂

Genset Solar

Generator solar ini banyak akan kita jumpai di atas rumah dengan penempatan nya di tambahkan dengan solar panel. Jenis genset ini digunakan untuk membantu dalam pengoperasian peralatan yang membutuhkan daya listrik yang sangat tinggi seperti untuk pemanas air. Selain itu, penggunaan genset solar bisa juga digunakan pada sistem ac. Namun dalam penggunaan nya, genset jenis solar ini digunakan sebagai tenaga listrik cadangan untuk tempat-tempat komersil, seperti pameran, konser music, dan sebagai nya.

Genset Gas

Untuk jenis genset gas ini, sudah pasti menggunakan bahan bakar gas. Namun gas yang digunakan untuk genset ini adalah gas hasil olahan dari gas bumi baik yang di olah sebagai LPG atau CNG. Untuk jenis genset gas ini sudah banyak digunakan sebagai genset untuk rumah tangga dan digunakan ketika mati lampu terjadi.

Setelah kita mengetahui berbagai jenis genset beserta fungsinnya, mungkin anda kini tau genset jenis apa yang anda butuhkan untuk mendukung berbagai keperluan anda untuk berbisnis ataupun sekedar melakukan pencadangan tenaga saat listrik pada untuk rumah anda.

Leave a Reply